Senin, 21 Juni 2010

KONSEP-KONSEP KESEJAHTERAAN SOSIAL DINEGARA INDONESIA YANG PALING IDEAL

| Senin, 21 Juni 2010 |


Oleh: Khoirul Taqwim

 

Latar belakang masalah
Melihat realitas minimnya kesejahteraan social masyarakat di Negara Indonesia, dibutuhkan konsep yang dapat menyejahterakan masyarakat Indonesia dibidang ekonomi, sosial, budaya, religius dan beragam bidang lain, untuk pencapaian tersebut diperlukan suatu paradigma pemikiran tentang konsep-konsep Negara dalam menyejahterakan masyarakat di Indonesia.

Mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera dibidang social, maka di perlukan suatu penyusunan konsep yang ideal, agar tercipta masyarakat yang sejahtera, tidak minus dibidang ekonomi yang dapat menghasilkan kemiskinan ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Konsep untuk menyelenggarakan kesejahteraan social di Indonesia, membutuhkan suatu paradigma pemikitan yang real dalam menempatkan konsep pemikiran tentang kesejahteraan social, melalui pengembangan sumberdaya masyarakat di Negara Indonesia, menciptakan kondisi social yang kondusf di Indonesia, dan dengan cara memanfaatkan semaksimal mungkin sumber daya alam di Negara Indonesia, untuk kepentingan masyarakat Indonesia secara universal.

 

Pembahasan
Konsep- konsep kesejahteraan social di Negara Indonesia melalui cara pengembangan sumber daya masyarakat di Negara Indonesia, agar tercipta masyarakat yang bebas dari kebodohan dan terbodohi, dan menciptakan kondisi social yang mendukung, agar tercipta kondisi social di Negara Indonesia yang lebih kondusif, dan memanfaatkan sumber daya alam dinegara Indonesia secara maksimal, untuk kepentingan masyarakat Indonesia secara menyeluruh dan merata, ketiga hal ini merupakan pokok konsep pengembangan dinegara Indonesia yang ideal.

 

Pengembangan sumber daya masyarakat dinegara Indonesia.
Dengan adanya pengembangan sumber daya masyarakat diharapkan menjadi konsep yang mampu mencapai kesejahteraan social, leawat pendidikan masyarakat berupa pendidikan formal, non formal, maupun informal sebagai bentuk proses pengembangan sumber daya masyarakat dalam pencapaian kesejahteraan social.

Pengembangan sumber daya masyarakat melalui: pembentukan budaya masyarakat yang mempunyai etos kerja yang tinggi dalam melakukan suatu pekerjaan, agar tercipta suatu keseimbangan antara kerja dan hasil kerja menciptakan budaya yang setaraf dibidang ekonomi antara masyarakat pekerja, dengan masyarakat capital (pemilik modal).

Melalui pengembangan sumber daya masyarakat dinegara Indonesia, dengan tujuan masyarakat Indonesia, agar tecipta pengetahuan tentang ekonomi, sehingga mengetahui peluang-peluang kerja dan mempraktekkan usaha dengan ilmu pengetahuan dari hasil pengembangan sumber daya masyarakat Indonesia.

 

 

Menciptakan kondisi social yang kondusif dinegara Indonesia.
Dengan menciptakan kondisi social yang kondusif dinegara Indonesia diharapkan dari segi social dapat terjadi suatu kondisi social yang aman tentram, sehingga masyarakat Indonesia dapat bekerja dengan baik, tanpa ada gangguan dari segi keamanan, dan apabila kondisi Negara Indonesia tercipta aman tentram ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Melalui kondisi social yang kondusif mampu mengarah menuju keadilan ekonomi yang tidak hanya berpihak masyarakat capital (pemilik modal) atau segelintir kepentingan masyarakat, tetapi dapat memberikan kontribusi rasa keadilan kepada masyarakat Indonesia secara universal.

Kondisi social yang kondusif merupakan suatu proses menuju hukum ekonomi yang berpihak kepada kepentingan masyarakat secara menyeluruh, tidak hanya untuk kepentingan segelintir masyarakat yang menikmati kesejahteraan ekonomi, dengan adanya Kondisi social yang kondusif sehingga tercipta rasakeadilan yang tinggi dak kesejahteraan ekonomi secara merata ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

  

C.Memanfaatkan sumber daya alam dinegara Indonesia

Memanfaatkan sumber daya alam di negaraIndonesia, untuk kepentingan masyarakat Indonesia secara universal, dan mengolah sumberdaya alammerupakan suatu proses menuju produksi alam, agar tercipta masyarakat yang inovatifdan kreatif dalam mendayagunakan alam, sehingga dapat membuka lapangan kerja yang dapat dinikmati masyarakat Indonesia secara luas, tidak hanya satu golongan tingkat atas yang menikmati hasil dari pengolahan alam dinegara Indonesia yang kaya raya, jangan sampai masyarakat Indonesia kaya alam,tetapi masyarakat miskin dinegaranya.

Kesejahteraan social dan ekonomi merupakan sesuatu yang sangat urgensi sebagi bentuk proses mempertahankan hidup masyarakat Indonesia, sehingga dengan adanya pemanfaatan alam, untuk kepentingan masyarakat dinegara Indonesia dalam pencapaian kesejahteraan social.

 

ip address
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com