Senin, 21 Juni 2010

FORUM MASYARAKAT NUSANTARA

| Senin, 21 Juni 2010 |






Oleh: Khoirul Taqwim

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang forum masyarakat nusantara terlebih dahulu kita pahami istilah tentang forum masyarakat nusantara itu sendiri, agar tidak terjadi kerancuan dalam menjabarkan tentang hal tersebut.

Arti Definisi / Pengertian Masyarakat
Berikut di bawah ini adalah beberapa pengertian masyarakat dari beberapa ahli sosiologi dunia.

1. Menurut Selo Sumardjan masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.

2. Menurut Karl Marx masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.

3. Menurut Emile Durkheim masyarakat merupakan suau kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.

4. Menurut Paul B. Horton & C. Hunt masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.

Sedangkan nusantara berasal dari dua kata yaitu nusa dan antara. Nusa merupakan isitilah jawa kuno yang mempunyai arti pulau. Antara mengandung makna ada sesuatu yang diapit. Nusantara berarti pulau yang mengapit. Jika diperluas dapat diartikan sebagai kepulauan yang saling terikat satu sama lain.

Dari Istilah diatas dapat di simpulkan bahwa forum masyarakat nusantara merupakan wadah kumpulan masyarakat yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan dan memiliki keinginan untuk menyatu  satu sama lain antar masyarakat nusantara (kepulauan yang saling terikat satu sama lain), serta menyatu dengan alam lingkungan di sekitarnya. Dengan menggunakan pikiran, naluri, perasaan, keinginan dsb. 

 

ip address
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com